Background

Interaksi Manusia dan Komputer

           Human Computer Interaction atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Interaksi Manusia dan Komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer. Tujuan utamanya adalah untuk mempermudah manusia dalam mengoprasikan dan mendapatkan berbagai umpan balik yang diperlukan selama bekerja pada sebuah sistem komputer.

            Para perancang sistem antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer dapat dirancang secara user friendly yaitu dapat bersifat akrab dan ramah kepada penggunanya.. Contoh pengaplikasian interaksi manusia dan komputer seperti telegraf yang memancarkan klik merata-spasi dalam kode sandi morse dan dalam rumah sakit, elektrokadriograf yang berbunyi ‘bib’ dalam irama kejantung.

Ada 2 media yang terdapat pada interaksi manusia dan komputer, yaitu :

1.    1. Media Tekstual
Bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks. Contohnya adalah antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL

2.     2. Media GUI
Bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis. Contohnya adalah antarmuka manusia dan komputer berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual seperti Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, dan lain-lain.

            Terdapat tiga bidang yang terkait dalam interaksi manusia dan komputer, yaitu:
1.      1. Ergonomi dimana interaksi manusia dan komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin .
2.      2. Faktor manusia dimana berkaitan dengan masalah-masalah psikologis .
3.      3. Interaksi manusia dan komputer yang mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antara     manusia dan komputer.

Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka, yaitu:
  1. Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
  2. Metode implementasi antarmuka.
  3. Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
  4. Pengembangan antarmuka baru.
  5. Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.
Kita membutuhkan interaksi manusia dan komputer untuk dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan secara efektif sehingga dapat menghemat waktu dan biaya yang harus digunakan pada pekerjaan tersebut.


Categories: Share

Leave a Reply