Interaksi Manusia dan Komputer
Human Computer
Interaction atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Interaksi Manusia dan
Komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara
manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi
antarmuka pengguna komputer. Tujuan utamanya adalah untuk mempermudah manusia
dalam mengoprasikan dan mendapatkan berbagai umpan balik yang diperlukan selama
bekerja pada sebuah sistem komputer.
Para perancang sistem antarmuka manusia dan komputer
berharap agar sistem komputer dapat dirancang secara user friendly yaitu
dapat bersifat akrab dan ramah kepada penggunanya.. Contoh pengaplikasian
interaksi manusia dan komputer seperti telegraf yang memancarkan klik
merata-spasi dalam kode sandi morse dan dalam rumah sakit, elektrokadriograf
yang berbunyi ‘bib’ dalam irama kejantung.
Ada
2 media yang terdapat pada interaksi manusia dan komputer, yaitu :
1. 1. Media Tekstual
Bentuk sederhana dialog
atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks. Contohnya
adalah antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa
pemrograman PASCAL
2. 2. Media GUI
Bentuk dialog atau
komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis. Contohnya adalah
antarmuka manusia dan komputer berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual
seperti Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, dan lain-lain.
Terdapat tiga bidang yang terkait dalam interaksi manusia
dan komputer, yaitu:
1. 1. Ergonomi dimana interaksi manusia dan
komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin .
2. 2. Faktor manusia dimana berkaitan dengan
masalah-masalah psikologis .
3. 3. Interaksi manusia dan komputer yang
mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antara manusia dan komputer.
Beberapa
aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka, yaitu:
- Metodologi dan
proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
- Metode implementasi antarmuka.
- Metode evaluasi dan
perbandingan antarmuka.
- Pengembangan antarmuka baru.
- Mengembangkan sebuah
deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.
Kita
membutuhkan interaksi manusia dan komputer untuk dapat menyelesaikan berbagai
pekerjaan secara efektif sehingga dapat menghemat waktu dan biaya yang harus
digunakan pada pekerjaan tersebut.