Background

Tugas Softskill Bahasa Indonesia


Contoh Paragraf Deduktif :

1.      Kebersihan sangat menjadi masalah di sekolah. Ini terjadi karena banyak murid-murid yang tidak sadar akan kebersihan. Padahal “Kebersihan adalah sebagian dari iman”.

2.      Maka dari itu saya sangat setuju dengan adanya kegiatan kerja bakti seminggu sekali. Karena, jika lingkungan hidup bersih maka kita juga akan sehat. Maka dari itu, kegiatan kerja bakti sangat penting dilingkungan sekolah.

3.      Pos kesehatan di pasar itu memang di khususkan melayani pedagang dan pembeli. Pedagang tidak akan khawatir meninggalkan dagangannya  karena hanya berobat masih di kawasan pasar. Mereka dapat antre saat sepi pembeli. “Kebanyakanperiksa gula darah dan rematik, mayoritas pasiennya berusia tua,” papar Siti.

4.      Kebersihan sangat penting bagi kesehatan. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kebersihan baik itu dari makanan yang kita makan, kebersihan pakaian yang kita gunakan maupun lingkungan tempat tinggal kita. Sudah banyak orang yang terserang penyakit dikarenakan kurang menjaga kebersihan.

 Contoh paragraf Induktif :

1.      Suku jawa, suku madura, batak dan ambon adalah salah satu dari sekian banyak suku yang terdapat di Indonesia. Selain suku dan budaya yang beragam, terdapat pula berbagai agaman dan kepercayaan maka dari itu Indonesia dikenal dengan negara yang majemuk.

2.      Narkoba memiliki efek candu yang sangat kuat dan dari jenis jenis narkoba tersebut ada yang dapat menyebabkan gairah meningkat, detak jantung meningkat, dan pada kondisi tertentu dapat menyebabkan overdosis dan kematian. Menghindari narkoba adalah harga mati karena sangat berbahaya bagi kesehatan.

3.      Semakin pesatnya perkembangan zaman, maka teknologi manusiapun juga semakin berkembang. Tak terkecuali teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari zaman purba hingga sekarang terus mengalami kemajuan yang sangat berarti.

4.      Pada era kita sekarang ini, teknologi seakan terus berkembang semakin cepat. Tak terkecuali teknologi informasi dan komunikasi yang sepertinya sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Oleh karena itu, penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi mutlak diperlukan agar kita tidak tertinggal di era global ini.




Contoh salah satu teknik pengukuran data :
Wawancara
Berikut adalah wawancara dengan warga tentang peristiwa kebakaran :
P(Pewawancara) : Saya
S(Narasumber)    : Warga
P : Apakah anda mengetahui tentang peristiwa kebakaran yang terjadi di komplek pertokoan ini ?
S: Iya
P : Kapan peristiwa kebakaran tersebut terjadi ?
S : Sekitar pukul 20.30 WIB kemarin.
P : Dimana anda berada saat kebakaran terjadi ?
S : Saya berada dalam toko saya yang berjarak 300m dari kebakaran tersebut.
P : Bagaimana tindakan anda begitu mengetahui peristiwa tersebut ?
S : Langsung menelpon petugas pemadam kebakaran yang menyelamatkan berkas-berkas penting serta barang berharga lainnya.

Contoh Kutipan dan Catatan Kaki :
Kutipan Langsung
“Pustaka Java berisi ribuan (lebih dari 5000) kelas beraneka ragam keampuhan. Kekayaan ini merupakan kandungan tersembunyi bahwa penggunaannya dapat menghemat ratusan jam kerja. Keampuhan ini hanya dapat dimaanfatkan bila kita rajin mencoba. Sebelum membuat solosi sendiri, coba eksplorasi pustak bahasa, mungkin telah diselesaikan” (Bambang Hariyanto, Esensi-esensi Bahasa Pemrograman Java, 2007, Hal. 37-38).
Kutipan Tidak Langsung
‘Bahasa Java tidak lagi hanya untuk pemanis di web sebagai applet yang membikin Duke berdansa. Java adalah kakasm tetap hanya perangkat, bagaimanapun tetap hanya orang hebat yang dapat memberi arti penting kakas seperti dikatakan James Gosling, tokoh terpenting di Java : “All along, the language was a tool, not the end”.(Bambang Hariyanto, Esensi-esensi Bahasa Pemrograman Java, 2007, Hal. 7-8).
Catatan Kaki

Soerjono Soekanto, “Tanggung Jawab Perdata dan Pembantu Dokter,” Kompas, 12 November 1981.

Categories: Share

1 komentar:

  1. New and existing players can use the New Generation Casinos
    A new and existing 스포츠 분석 사이트 player can download 넷텔러 the latest and older versions of the newest and most 라이브채팅 popular slot 벳 365 주소 machines from the best 더킹 바카라 providers on the internet.

    BalasHapus