Background

Aspek Usabilty untuk objek Website BAAK Universitas Gunadarma

Usability
            Suatu sistem yang dapat bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna(user), sehingga semua kemampuan sistem dapat dapat bermanfaat secara maksimal. usability memiliki lima komponen yaitu :

1.      Learnability    : Seberapa mudah bagi pengguna memahami saat pertama kali melihat.
2.      Efficiency       : Seberapa cepat dapat menyelesaikan perintah (input).
3.      Memorability  : Saat pengguna menggunakan lagi seberapa ingat terhadap penggunaanya.
4.      Errors              : Berapa banyak kesalahan yang diperbuat saat menggunakannya.
5.      Satisfaction     : Seberapa nyaman pengguna dengan antarmuka tersebut.

Sedangkan tujuan dari usability pada dasarnya efektif, efisien, aman pada penggunaannya, mudah untuk dipelajari/dipahami, diingat,  serta memiliki utilitas yang baik.

Berdasarkan gambar dibawah ini, aspek usability :



Learnability  : Pada tampilan menenuhi aspek learnability, dimana pengelompokan informasi berdasarkan letaknya akan dapat dengan mudah dipahami pengguna yang pertama kali melihat (belum pernah akses sebelumnya). Jadi, pengguna tinggal melihat disebelah mana informasi yang diinginkan.

Efficiency    : Pada website BAAK Universitas Gunadarama aspek efficiency sudah memenuhi, informasi tertata rapi dan ketika di klik tidak banyak link untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan pengguna. Contohnya ketika pengguna ingin mengetahui informasi tentang jadwal kuliahnya, pengguna hanya perlu mengklik bagian jadwal perkuliahan lalu memasukkan kelas pengguna tersebut.

Memorability   : Website BAAK Universitas Gunadarma sudah memenuhi aspek memorability. Tidak banyak link untuk mendapatkan suatu informasi, sehingga pengguna dapat mengingat langkah-langkah untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dengan mudah.

Errors         : Aspek error terhadap penggunaan website rendah karena tidak banyak link untuk mengetahui sebuah informasi.

Satisfaction    : Aspek satisfaction atau kenyamanan terhadap bentuk tampilan sangat baik karena tampilannya terlihat simple.

Dari point-point diatas website BAAK Universitas Gunadarma telah memenuhi aspek usability dan user interface yang cukup baik. Hal tersebut dikarenakan informasi atau berita yang ditempatkan secara rapi dan tidak menyulitkan pengguna dalam mengakses website BAAK Universitas Gunadarma.

Sumber :
https://aplikasiergonomi.wordpress.com/2012/04/12/faktor-user-interface-usability-dan-user-experience-pada-perancangan-website-dalam-konteks-interaksi-manusia-komputer-imk/

Categories: Share

Leave a Reply